Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh servant leadership terhadap job satisfaction, DITA pengaruh servant leadership terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh organizational culture terhadap job satisfaction, pengaruh organizational culture terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh job satisfaction terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh servant leadership terhadap organizational citizenship behavior melalui job satisfaction, pengaruh organizational culture terhadap organizational citizenship behavior melalui job satisfaction. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 67 responden merupakan karyawan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang TPK Perawang Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan daftar pernyataan seperti kuesioner serta Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan Servant Leadership (X1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Job Satisfaction (Z) dan Organizational Culture (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Job Satisfaction (Z). Servant Leadership (X1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y) dan Organizational Culture (X2) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y). Job Satisfaction (Z) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y) pada Karyawan PT Pelindo (Persero) Cabang TPK Perawang Pekanbaru.
(2022-07-12)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh leader member
exchange terhadap employee performance melalui work engagement dan job
satisfaction secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan ...