Abstract:
Sekolah Al-Ulum merupakan sekolah yang cukup diminati orang tua dan
tidak main-main dalam mewujudkan visi dan misinya. Sekolah ini juga memiliki
brand image yang baik dimata masyarakat, sekolah ini cukup terkenal di Kota
Medan. Jumlah murid sekolah Al-Ulum juga banyak dibandingkan sekolah lain.
Sekolah ini cukup luas sehingga membuat orang tua nyaman untuk antar jemput
serta menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut, sehingga peneliti memilih
mengambil melakukan penelitian di sekolah Al-Ulum. Loyalitas pelanggan
merupakan faktor penting dalam kelangsungan hidup bisnis dan pengembangan
lingkungan yang kompetitif. Pada dasarnya kesetiaan pelanggan sangat dibutuhkan
oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pelanggan setia akan
cenderung membeli lebih banyak produk pada bank, tidak lebih memilih bank lain,
tidak mencoba produk baru, dan mendorong orang lain untuk menjadi pelanggan.
Sekarang banyak bank telah menyadari nilai dari pelanggan saat ini dan mencoba
untuk menemukan cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal tersebut
menjadi bahan pertimbangan paling utama, bagi pelanggan sebelum datang ke SD
Swasta Al-Ulum untuk mendaftarkan anakanya ke SD tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan customer relationship
terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini
yaitu seluruh orang tua murid SD Swasta Al-Ulum, dengan teknik pengambilan
sampel rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan path analysis. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Konsumen. Customer Relationship berpengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Konsumen. Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan. Customer Relationship berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan pada SD Swasta Al-Ulum. Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan pada SD Swasta Al-Ulum. Kepuasan Konsumen
dapat memediasi pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Kepuasan
Konsumen dapat memediasi pengaruh Customer Relationship terhadap Loyalitas
Pelanggan.