Abstract:
Review Produk mempengaruhi hubungan antara pelanggan dengan produk,
Kualitas Produk merupakan baik buruknya kondisi suatu produk yang dilihat
berdasarkan kondisi fisik maupun fungsi agar dapat memenuhi harapan
konsumen. Minat Beli merupakan aktivitas konsumen dimana seorang konsumen
memiliki keinginan untuk membeli suatu produk tertentu. Data dan informasi
yang diambil dari konsumen di beberapa universitas swasta di medan (Universitas
panca Budi, Universitas Medan Area, dan (UMN) Universitas Muslim Nusantara
Al Washliyah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk terhadap minat beli, pengaruh review produk terhadap kualitas produk,
dan pengaruh review produk terhadap minat beli. Sampel pada penelitian ini
adalah 96 orang responden dari beberapa universitas swasta di medan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan teknik
analisis data SEM-PLS 4.0. (1) Kualitas Produk terhadap minat beli tidak
berpengaruh secara signifikan P-value sebesar 0,055 > 0,05. (2) Review Produk
Terhadap Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan P-value sebesar 0,000 <
0,05. (3) Review Produk Terhadap Minat Beli berpengaruh secara signifikan P value sebesar 0,000 < 0,05.