Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan
belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran VAK (Visual,
Auditori, Kinestetik) dan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan
model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) kelas II SD
Muhammadiyah 11 tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini diharapkan
bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berbentuk angket, sebelum
diberikannya kuesioner kepada responden. Hal yang pertama kali dilakukan
memvalidasi kuesioner kepada validator dosen fkip UMSU yang nilainya
100% (valid). Berdasarkan hasil angket yang dilakukan sebelum
menggunakan model pembelajaran VAK diperoleh nilai rata-rata terhadap
keaktifan belajar siswa pada kelas kontrol adalah 66 dan kelas eksperimen
adalah 80.7. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai signifikan (2
tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-taileda) yaitu .000
< 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho
dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
positif dari penggunaan model pembelajaran visual auditori kinestetik
(VAK) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pkn kelas II SD
Muhammadiyah 11 Tahun Pembelajaran 2024/2025.