Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas II SD Muhammadiyah 11

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Arsianun
dc.date.accessioned 2025-10-29T10:40:16Z
dc.date.available 2025-10-29T10:40:16Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29538
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) kelas II SD Muhammadiyah 11 tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berbentuk angket, sebelum diberikannya kuesioner kepada responden. Hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada validator dosen fkip UMSU yang nilainya 100% (valid). Berdasarkan hasil angket yang dilakukan sebelum menggunakan model pembelajaran VAK diperoleh nilai rata-rata terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas kontrol adalah 66 dan kelas eksperimen adalah 80.7. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai signifikan (2 tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-taileda) yaitu .000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran visual auditori kinestetik (VAK) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pkn kelas II SD Muhammadiyah 11 Tahun Pembelajaran 2024/2025. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model VAK en_US
dc.subject Visual en_US
dc.subject Auditori en_US
dc.subject Kinestetik en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas II SD Muhammadiyah 11 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account