Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29538| Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas II SD Muhammadiyah 11 |
| Authors: | Harahap, Arsianun |
| Keywords: | Model VAK;Visual;Auditori;Kinestetik |
| Issue Date: | 7-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) kelas II SD Muhammadiyah 11 tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berbentuk angket, sebelum diberikannya kuesioner kepada responden. Hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada validator dosen fkip UMSU yang nilainya 100% (valid). Berdasarkan hasil angket yang dilakukan sebelum menggunakan model pembelajaran VAK diperoleh nilai rata-rata terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas kontrol adalah 66 dan kelas eksperimen adalah 80.7. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai signifikan (2 tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-taileda) yaitu .000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran visual auditori kinestetik (VAK) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pkn kelas II SD Muhammadiyah 11 Tahun Pembelajaran 2024/2025. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29538 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI 2025 BARU.pdf | Full Text | 1.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.