Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 12 Medan. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah
model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendorong siswa untuk aktif
berdiskusi, bekerja sama, dan saling mengajarkan bagian materi yang menjadi
tanggung jawab masing-masing anggota kelompok. Metode penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan total
sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw,
variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis
menggunakan Paired Sampel T-Test yang di dahului dengan uji validitas
instrument. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai
signifikan sebesar 0,000 berarti 0,000 > 0,005, maka Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 12
Medan.