Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29397| Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN |
| Authors: | SEMBIRING, REDINTHA NAIAKA BR |
| Keywords: | Model Pembelajaran;Tipe Jigsaw |
| Issue Date: | 27-May-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, bekerja sama, dan saling mengajarkan bagian materi yang menjadi tanggung jawab masing-masing anggota kelompok. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test yang di dahului dengan uji validitas instrument. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 berarti 0,000 > 0,005, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 12 Medan. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29397 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI REDINTHA NAIAKA BR SEMBIRING.pdf | Full Text | 8.22 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.