Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29397
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN
Authors: SEMBIRING, REDINTHA NAIAKA BR
Keywords: Model Pembelajaran;Tipe Jigsaw
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, bekerja sama, dan saling mengajarkan bagian materi yang menjadi tanggung jawab masing-masing anggota kelompok. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test yang di dahului dengan uji validitas instrument. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 berarti 0,000 > 0,005, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 12 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29397
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REDINTHA NAIAKA BR SEMBIRING.pdfFull Text8.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.