Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SEMBIRING, REDINTHA NAIAKA BR
dc.date.accessioned 2025-10-27T07:20:50Z
dc.date.available 2025-10-27T07:20:50Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29397
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, bekerja sama, dan saling mengajarkan bagian materi yang menjadi tanggung jawab masing-masing anggota kelompok. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test yang di dahului dengan uji validitas instrument. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 berarti 0,000 > 0,005, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 12 Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Tipe Jigsaw en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account