Abstract:
Fenomena terbentuknya Customer Trust melalui Online Customer Rating dan
Online Customer Review secara langsung memengaruhi Purchase Intention
terhadap produk skincare Wardah di TikTok Shop. Saat konsumen merasa yakin
bahwa produk memiliki kualitas yang baik dan sesuai ekspektasi, dorongan untuk
melakukan pembelian pun meningkat Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
pendekatan asosiatif kuantitatif. penelitian asosiatif kuantitatif merupakan
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui derajat hubungan dan bentuk
pengaruh antar dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilakukan di pengguna
TikTok Shop di kalangan di Kota Medan Berdasarkan populasi pengguna TikTok
Shop di Kota Medan, peneliti akan mengambil sampel sebanyak 100 responden
yang dianggap mewakili populasi dengan tingkat kepercayaan yang sesuai
Dengan menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 95% dan margin of error 10%,
diperoleh jumlah sampel sebesar 96 responden. teknik pengumpulan data
penelitian merupakan cara untuk mengumpulkan data-data yang relevan bagi
penelitian. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber
primer. Sebelum pengumpulan data, penulis harus menentukan cara pengumpulan
data yang digunakan adalah data primer, yaitu kuisioner/angket. Dalam penelitian
ini
akan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif karena
menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data
tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa baik variabel Online Customer Rating maupun Online
Customer Review tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap
Purchase Intention menunjukkan bahwa meskipun rating dan ulasan online
merupakan bagian dari pengalaman pelanggan, keduanya tidak cukup kuat dalam
memengaruhi keputusan pembelian secara langsung dalam model ini.
Kemungkinan, variabel-variabel lain seperti Customer Trust, kualitas produk, atau
faktor eksternal lainnya memiliki peran yang lebih besar dalam membentuk
Purchase Intention.