Abstract:
Customer loyalty merupakan komitmen kesediaan pelanggan dengan
sukarela menggunakan produk atau jasa dari sebuah perusahaan secara terus
menerus hingga masa yang akan datang. Hal ini dapat terwujud tidak terlepas dari
faktor – faktor experiential marketing, customer value serta customer satisfaction
yang selama ini diaplikasikan tenaga pemasar selama melakukan penjualan
produk dan jasa dalam dunia pemasaran yang diaplikasikan kepada para
konsumen.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Gracia Pharmindo Medan. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan customer
value terhadap customer satisfaction dan customer loyalty. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 450 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan pendekatan kuantitatif Non Probably Sampling sehingga jumlah
sampel yang diperoleh sebanyak 212 responden dengan rumus Slovin. Metode
pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi, wawancara dan
angket. Pengukuran data variabel menggunakan skala likert. Teknik analisis data
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Linear
Structural Relationship (LISREL) 8.80.
Hasil analisis menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh
positif terhadap customer satisfaction, customer value berpengaruh positif
terhadap customer satisfaction, experiential marketing berpengaruh positif
terhadap customer loyalty, customer value berpengaruh positif terhadap customer
loyalty, customer satisfaction berpengaruh positif terhadap customer loyalty, dan
customer satisfaction memediasi secara positif pengaruh experiential marketing
terhadap customer loyalty serta customer satisfaction memediasi secara positif
pengaruh customer value terhadap customer loyalty pada PT. Gracia Pharmindo
Medan. Implikasi yang diperoleh dari experiential marketing dan customer value
ini merupakan salah satu strategi yang diterapkan perusahaan dalam
meningkatkan kepuasan dan loyalitas Dokter.