DSpace Repository

PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author SESRIANI, YENITA
dc.date.accessioned 2024-03-02T03:24:18Z
dc.date.available 2024-03-02T03:24:18Z
dc.date.issued 2021-03-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23526
dc.description.abstract Dalam pembelajaran matematika sering ditemukan rendahnya kemampuan problem solving dan self regulated learning siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, untuk itu salah satu solusi nya adalah melakukan pembelajaran dengan model Creative Problem Solving dan Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan Problem Solving siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap Self Regulated Learning siswa, (3) mengkaji tentang perbedaan peningkatan kemampuan Problem Solving antara siswa yang belajar dengan model Creative Problem Solving dengan siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning, (4) mengkaji secara menyeluruh tentang perbedaan peningkatan kemampuan Self Regulated Learning antara siswa yang belajar dengan model Creative Problem Solving dengan siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelompok penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dipilih dengan tekhnik cluster random sampling dengan memilih 2 kelas dari 6 kelas. Kelas eksperimen pertama menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan kelas eksperimen kedua menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Creative Problem Solving dan Problem Based Learning sama-sama memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving dan Self Regulated Learning siswa. Hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata kemampuan Problem Solving pada pembelajaran dengan menggunakan model Creative Problem Solving adalah 79,75 dan skor rata-rata kemampuan Self Regulated Learning siswa sebesar 299,58. Dan pada pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, diperoleh rata-rata kemampuan Problem Solving sebesar 77,95 dan skor rata-rata kemampuan Self Regulated Learning siswa sebesar 295,22. Secara matematis dapat dilihat bahwa siswa yang belajar dengan model Creative Problem Solving lebih unggul daripada siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving dan Self Regulated Learning siswa walau tidak signifikan. en_US
dc.subject Creative Problem Solving, en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Problem Solving en_US
dc.subject Kemampuan self regulated learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account