Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan
yang signifikan antara kemampuan kombinatorik siswa yang diajarkan dengan
PBM dan ekspositori, (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan
antara disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori., (3)
Mendeskripsikan adanya proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam
menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan berpikir kombinatorik
matematik siswa yang diajar melalui pendekatan PBM dan siswa yang diajar
dengan pembelajaran ekspositori.
Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran
menggunakan model PBM dan pembelajaran dengan menggunakan model
Ekspositori. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan
untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali
beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK
JAYA KRAMA Pakam. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-1 dan kelas XII-2. Kelas eksperimen
sejumlah 30 siswa dan kelas kontrol sejumlah 30 siswa. Metode pengumpulan
data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen
penelitian adalah tes kemampuan kombinatorik matematik, angket dan tes
prestasi. Prasyarat uji analisis dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov dan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic
dengan statistik Uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test.
Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur dengan tingkat signifikan
sebesar 5 %.