Research Repository

PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DI BERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EKSPOSITORI DISMK JAYA KRAMA LUBUK PAKAM

Show simple item record

dc.contributor.author WULANDARI, ARISTIA
dc.date.accessioned 2020-10-05T04:56:27Z
dc.date.available 2020-10-05T04:56:27Z
dc.date.issued 2020-03-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5386
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan kombinatorik siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori, (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan PBM dan ekspositori., (3) Mendeskripsikan adanya proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan berpikir kombinatorik matematik siswa yang diajar melalui pendekatan PBM dan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBM dan pembelajaran dengan menggunakan model Ekspositori. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK JAYA KRAMA Pakam. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-1 dan kelas XII-2. Kelas eksperimen sejumlah 30 siswa dan kelas kontrol sejumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan kombinatorik matematik, angket dan tes prestasi. Prasyarat uji analisis dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov dan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic dengan statistik Uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5 %. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.subject Model Pembelajaran Ekspositor en_US
dc.subject Kemampuan Kombinatorik Matematik en_US
dc.subject Disposisi Matematis Siswa en_US
dc.title PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DI BERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EKSPOSITORI DISMK JAYA KRAMA LUBUK PAKAM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account