Abstract:
Kinerja pegawai merupakan salah satu indikator keberhasilan operasi
perusahaan atau lembaga pemerintahan dalam pencapaian tujuannya. Timbulnya
prestasi dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong, baik yang berasal dari luar
individu maupun dari dalam individu. Kinerja pegawai sangat menentukan
kemajuan suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan. Kinerja setiap pegawai
dapat diukur dengan melihat kuantitas dan kualitas kerja yang telah dilakukannya.
Kinerja merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya organisasi untuk
mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
komunikasi, beban kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Labuhanbatu Utara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan asosiatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk
mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel bebas dengan variabel
terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial komunikasi memiliki
pengaruh terhadap kinerja. Secara parsial beban kerja memiliki pengaruh terhadap
kinerja. Secara parsial motivasi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap
kinerja. Secara simultan komunikasi, beban kerja dan motivasi memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kinerja. Diperoleh hasil koefisien determinasi bernilai
0.822 atau 82,2% artinya menunjukkan bahwa sekitar 82.2% variabel kinerja
dapat dijelaskan oleh variabel komunikasi, beban kerja dan motivasi. Atau dapat
dikatakan bahwa kontribusi komunikasi, beban kerja dan motivasi terhadap
kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Labuhanbatu
Utara adalah sebesar 82.2%. Sisanya sebesar 27.8% dipengaruhi oleh variabel
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.