Abstract:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan komunikasi
matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Apakah
terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang di beri
pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan geogebra
dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics
tanpa geogebra; (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy siswa yang
diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan
geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan
ethnomatematics tanpa geogebra; (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan
kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa;
(4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika
siswa terhadap self-efficacy siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negri 2 Medan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian yaitu: (1) Tes kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) Angket selfefficacy siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian. Tes dan angket yang digunakan
telah dinyatakan valid dan reliabel. Persamaan regresi kemampuan komunikasi matematis
siswa di kelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi
dikelas eksperimen II adalah dan persamaan regresi self-efficacy
siswa dikelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi dikelas
eksperimen II adalah .
Analisis ferensial data dilakukan dengan menggunakan Analisis Kovarian
(ANAKOVA). Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: (1) Terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran problem
based learning dengan ethnomatematics menggunakan geogebra dengan siswa yang
diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics tanpa menggunakan
geogebra; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang
diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan
geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan
ethomatematics tanpa menggunakan geogebra; (3) Tidak terdapat interaksi antara
kemampuan awal matematis (KAM) siswa dan pembelajaran terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa; (4) Tidak terdapat interkasi antara kemampuan self-efficacy
siswa.