dc.contributor.author | ERLINA NASUTION, ATIKA | |
dc.date.accessioned | 2020-09-12T07:40:37Z | |
dc.date.available | 2020-09-12T07:40:37Z | |
dc.date.issued | 2019-09-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5229 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang di beri pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics tanpa geogebra; (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics tanpa geogebra; (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negri 2 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu: (1) Tes kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) Angket selfefficacy siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian. Tes dan angket yang digunakan telah dinyatakan valid dan reliabel. Persamaan regresi kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi dikelas eksperimen II adalah dan persamaan regresi self-efficacy siswa dikelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi dikelas eksperimen II adalah . Analisis ferensial data dilakukan dengan menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics tanpa menggunakan geogebra; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethnomatematics menggunakan geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan ethomatematics tanpa menggunakan geogebra; (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis (KAM) siswa dan pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) Tidak terdapat interkasi antara kemampuan self-efficacy siswa. | en_US |
dc.subject | Problem Learning | en_US |
dc.subject | Ethnomatematics | en_US |
dc.subject | GeoGebra | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi | en_US |
dc.subject | Self-efficacy | en_US |
dc.title | PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ETHNOMATEMATICS MENGGUNAKAN GEOGEBRA DAN TANPA GEOGEBRA DI SMA NEGERI 2 MEDAN TP 2018-2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |