Abstract:
Dalam proses pembelajaran saat ini perlu dilakukan pembaharuan dalam
peningkatan kreativitas mengajar guru. Guru sangat berperan penting dalam
menerapkan model pembelajaran yang digunakan. Dalam hal ini yang penting
adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat karena akan berpengaruh
terhadap keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar yang diiginkan pun dapat
tercapai secara maksimal dan memenuhi standar penilaian. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau
Utara? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning
Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1
Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi
eksperimen dengan desain penelitian prestest dan postest. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1
rantau utara di kelas X yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-d dan kelas X-e
dengan jumlah 66 orang siswa. Kelas X-d diajarkan dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif dan kelas X-e diajar dengan menggunakan
pembelajaran contextual teaching and learning. Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan baris
dan deret dalam bentuk essay. Untuk mengetahui hipotesis digunakan uji t
berpasangan.
. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t
berpasangan ( simple paired test) , dan berdasarkan perhitungan uji-t
menunjukkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning
Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara.dengan hasil nilai
sig (2-tailed). Sebesar 0,001 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan
antara hasil pemecahan masalah pada data postest.kemudian hasil nilai sig (2-
tailed) sebesar 0,001 < 0,05 terdapat pengaruh responsibility terhadap model
pembelajaran kooperatif dan model contextual teaching and learning. jadi
hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning
Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N
1 Rantau Utara, dengn rata-rata hasil belajar matematika siswa yang
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning lebih tinggi dari rata-
x
rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
Contextual Teaching And Learning.