Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RESPONSIBILITY SISWA SMA N 1 RANTAU UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author SAFIRA HUTABARAT, DINA
dc.date.accessioned 2024-06-22T03:50:30Z
dc.date.available 2024-06-22T03:50:30Z
dc.date.issued 2024-02-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23993
dc.description.abstract Dalam proses pembelajaran saat ini perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru. Guru sangat berperan penting dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan. Dalam hal ini yang penting adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat karena akan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar yang diiginkan pun dapat tercapai secara maksimal dan memenuhi standar penilaian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian prestest dan postest. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 rantau utara di kelas X yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-d dan kelas X-e dengan jumlah 66 orang siswa. Kelas X-d diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dan kelas X-e diajar dengan menggunakan pembelajaran contextual teaching and learning. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan baris dan deret dalam bentuk essay. Untuk mengetahui hipotesis digunakan uji t berpasangan. . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t berpasangan ( simple paired test) , dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara.dengan hasil nilai sig (2-tailed). Sebesar 0,001 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pemecahan masalah pada data postest.kemudian hasil nilai sig (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05 terdapat pengaruh responsibility terhadap model pembelajaran kooperatif dan model contextual teaching and learning. jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Dan Responsibility Siswa SMA N 1 Rantau Utara, dengn rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning lebih tinggi dari rata- x rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Contextual Teaching And Learning. en_US
dc.subject model kooperatif en_US
dc.subject TGT en_US
dc.subject contextual teaching and learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RESPONSIBILITY SISWA SMA N 1 RANTAU UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account