Research Repository

PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author MAULINA, MEGA
dc.date.accessioned 2023-11-23T03:15:53Z
dc.date.available 2023-11-23T03:15:53Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22607
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK PAB 2 Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Akuntansi yang berjumlah 35 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 120.589 - 0,647X1 - 0,748X2. Hasil Uji t untuk fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = -3.537 sehingga H1 diterima dan motivasi belajar (X2) diperoleh thitung = -3.159, sehingga H2 diterima. Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 16.897, seingga H3 diterima. Secara simultan (R2 ) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. en_US
dc.subject Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2022/2023 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account