Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah
pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2)
untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas
belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK PAB 2
Helvetia Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program
keahlian Akuntansi yang berjumlah 35 siswa. Variabel dalam penelitian
ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan motivasi
belajar (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode
pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data
menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear
berganda diperoleh persamaan: Y = 120.589 - 0,647X1 - 0,748X2. Hasil
Uji t untuk fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = -3.537 sehingga H1
diterima dan motivasi belajar (X2) diperoleh thitung = -3.159, sehingga H2
diterima. Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 16.897, seingga H3
diterima. Secara simultan (R2
) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,3%. Kesimpulan
penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial.