Abstract:
Implementasi pidato keagamaan dilakukan bertujuan untuk mengetahui tentang
program pidato keagamaan terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa SMA Al Hidayah Medan, untuk mengetahui tentang retorika yang baik dalam membaca pidato
keagamaaan terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa SMA Al-Hidayah Medan, dan
untuk mengetahui struktur yang baik dan benar dalam menulis pidato keagamaan terhadap
peningkatan hasil belajar pada siswa SMA Al-Hidayah Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
kualitatif. Pendekatan kualitatif deskriptif adalah data yang sudah terkumpul berbentuk
kalimat, gambar melainkan bukan angka-angka. Jika ada angka, sifatnya hanya sebagai
penunjang. Data yang akan diperoleh yakni transkip, dokumen wawanncara, catatan
lapangan, foto, dokumen pribadi, dan lain-lain
Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan implementasi teknik pidato keagamaan yang
dilakukan di sekolah SMA Al-Hidayah Medan pada siswa kelas XI IPS mereka mampu
melakukan kegiatan pidato keagamaan dengan efektif yang diberikan oleh guru Pendidikan
Agama Islam. Selain itu, dalam kegiatan pidato keagamaan guru juga memberikan durasi
10 Menit kepada peserta didik untuk menyampaikan isi pidatonya. Namun, para peserta
didik sangatlah antusias dalam kegiatan ini, bahkan mereka menyampaikan isi pidato lebih
dari waktu yang ditentukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Salah satu materi yang
diberikan guru Pendidikan Agama Islam, yaitu menghormati orang tua, adab menuntut
ilmu, puasa ramadhan dan lain-lain.