Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
literasi belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Sei Suka dan
Pengaruh literasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Sei Suka.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto.
Berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa diketahui dari dari 67 siswa
terdapat 35 siswa yang tingkat motivasi belajarnya berada di bawah rata-rata
dengan persentase 52%, sedangkan 32 siswa yang tingkat disiplin belajarnya berada
di atas rata-rata dengan persentase 48%. Berdasarkan hasil angket literasi membaca
menunjukkan dari 67 siswa terdapat 45 siswa yang tingkat literasi belajarnya berada
di bawah rata-rata dengan persentase 67%%, sedangkan 22 siswa yang tingkat
literasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 38%. Berdasarkan uji
normalitas menunjukkan nilai signifikan lebih dari 0,005 atau 0,200 < 0,005,
sehinga dalam penelitian ini tidak terjadi adanya gangguan sehingga dapat
disimpulkan bahwa data distribusi ini normal. Berdasarkan hasil uji regresi
sederhana diketahui nilai t hitung = 6.855 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005 dan
hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan peneliti pada uji t perhitungannya
menunjukkan pada taraf signifikan 𝛼 = 0,005, hasil uji t 0,000 < 0,005 yang
menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang nyata
(Signifikan) variabel X terhadap variabel Y.