Abstract:
Tesis ini mengkaji tentang pengembangan pengembangan E-Modul menggunakan
aplikasiFlip Pdf Professional pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL)
kelas IX SMP Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
pengembangan bahan ajar menggunakan Flip Pdf Professional pada materi
Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar
dengan menggunakan aplikasi Flip Pdf Professional pada materi Bangun Ruang
Sisi Lengkung memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Untuk
menghasilkan produkpengembangan E-Modul menggunakan aplikasi Flip Pdf
Professional, peneliti mengacu pada model ADDIE dengan lima tahap
pengembanganyaitu Tahap Analisis (Analyze), Tahap Desain (Design), Tahap
Pengembangan (Development), Tahap Implementasi (Implementatio) dan Tahap
Evaluasi (Evaluatio). Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Jambi Medan
dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IX. Untuk mengetahui validitas
dari produk yang dikembangkan, peneliti memberikan lembar validasi kepada
kedua validator,yaitu ahli media dan ahli materi. Pada validitas pertama yang
dilakukan pada ahli materi mendapat skor 79,39% dengan kategori valid dengan
perbaikan. Kemudian dilakukan uji validasi kedua dengan revisi memperoleh
hasil presentase 83,63% dengan kategori “Sangat Valid” tanpa perbaikan. Setelah
melakukan validasi uji coba ahli materi kemudian dilakukan uji validasiahli media
yang pertama mendapat skor presentase 80,95% dengan kategori “Layak” dengan
revisi. Setelah dilakukan revisi dan dilakukan uji coba validasike 2 mendapat skor
presentase 84,76% dengan kategori “Sangat Layak” Sementara hasil angket respon
peserta didik masing – masing memperoleh skor persentase 93,33% dengan
kategori Sangat Praktis. Berdasarkan hasil tes hasil peserta didik sebelum
menggunakan e-modul banyak yang berada dibawah KKM 75 kemudian setelah
menggunakan emodul diperoleh skor persentase 86,66% dengan kategori sangat
efektif. Hal ini membuktikan bahwa E-Modul yang dikembangkan sesuai dengan
kemampuan peserta didik.