Abstract:
Dari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : (1) Rendahnya
kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) kurangnya kemandirian belajar siswa dalam proses
pembelajaran matematika, (3) Pembelajaran matematika lebih cenderung memberikan soal-soal
rutin pada buku teks yang hanya memiliki satu jawaban benar atau soal tertutup, (4) Rendahnya
kemandirian belajar siswa ditandai dengan keraguan siswa dalam memutuskan sikap dan memberi
keputusan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran
Matematika Realistik (PMR) dan Guided Discovery Learning (GDL). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir
kritis siswa. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemandirian belajar
matematis siswa. (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis
matematis dan kemandirian belajar Siswa melalui model pembelajaran Matematika Realistik . (4)
Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan
kemandirian belajar Siswa melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning . Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan berpikir kritis
matematis, (2) kemandirian hasil belajar. Data infrensial yang dilakukan dengan menggunakan
Multivariate of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh
model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis siswa. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Matematika Realistik
dan Guided Discovery Learning terhadap kemandirian belajar matematis siswa. (3) Terdapat
hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa. (4) Terdapat hubungan
yang signifikan antara model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa.