Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author FATIMAH RAMBE, SITI
dc.date.accessioned 2023-07-18T01:07:17Z
dc.date.available 2023-07-18T01:07:17Z
dc.date.issued 2023-02-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20852
dc.description.abstract Dari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : (1) Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) kurangnya kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika, (3) Pembelajaran matematika lebih cenderung memberikan soal-soal rutin pada buku teks yang hanya memiliki satu jawaban benar atau soal tertutup, (4) Rendahnya kemandirian belajar siswa ditandai dengan keraguan siswa dalam memutuskan sikap dan memberi keputusan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Guided Discovery Learning (GDL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemandirian belajar matematis siswa. (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar Siswa melalui model pembelajaran Matematika Realistik . (4) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar Siswa melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis, (2) kemandirian hasil belajar. Data infrensial yang dilakukan dengan menggunakan Multivariate of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemandirian belajar matematis siswa. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa. en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika Realistik en_US
dc.subject Pembelajaran Guided Discovery Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis en_US
dc.subject Kemandirian Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account