Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang
signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based
Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) Apakah terdapat
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan
Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) Apakah terdapat
interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap
kemampuan komunikasi; 4) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal
matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap
kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) pengaruh yang signifikan antara
model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap
disposisi matematis Siswa ;3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan
model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) interaksi antara
kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi
matematis Siswa. Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu. Sampel penelitian
adalah kelas eksperimen I yaitu kelas VIII-A menggunakan model Problem
solving dan kelas eksperimen II yaitu kelas VIII-B menggunakan model problem
based learning. Instrument yang digunakan yaitu tes dan angket. Uji hipotesis
yang digunakan yaitu uji manova. Adapun hasil penelitian adalah : 1) terdapat
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan
Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2)
terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving
dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) terdapat
interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap
kemampuan komunikasi; 4) terdapat interaksi antara kemampuan awal
matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa.