dc.contributor.author | SUBAINI | |
dc.date.accessioned | 2023-07-18T00:59:02Z | |
dc.date.available | 2023-07-18T00:59:02Z | |
dc.date.issued | 2023-02-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20851 | |
dc.description.abstract | Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas eksperimen I yaitu kelas VIII-A menggunakan model Problem solving dan kelas eksperimen II yaitu kelas VIII-B menggunakan model problem based learning. Instrument yang digunakan yaitu tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova. Adapun hasil penelitian adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi Matematis | en_US |
dc.subject | Disposisi Matematis | en_US |
dc.subject | Problem Solvingg | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BLANGKEJEREN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |