dc.contributor.author |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh servant leadership terhadap job satisfaction, DITA pengaruh servant leadership terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh organizational culture terhadap job satisfaction, pengaruh organizational culture terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh job satisfaction terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh servant leadership terhadap organizational citizenship behavior melalui job satisfaction, pengaruh organizational culture terhadap organizational citizenship behavior melalui job satisfaction. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 67 responden merupakan karyawan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang TPK Perawang Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan daftar pernyataan seperti kuesioner serta Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan Servant Leadership (X1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Job Satisfaction (Z) dan Organizational Culture (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Job Satisfaction (Z). Servant Leadership (X1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y) dan Organizational Culture (X2) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y). Job Satisfaction (Z) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y) pada Karyawan PT Pelindo (Persero) Cabang TPK Perawang Pekanbaru. |
|
dc.date.accessioned |
2022-12-13T02:23:04Z |
|
dc.date.available |
2022-12-13T02:23:04Z |
|
dc.date.issued |
2022-07-12 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20275 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh leader member
exchange terhadap employee performance melalui work engagement dan job
satisfaction secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam
penelitian ini adalah pegawai pada Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi
Daerah (BPPRD) Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel
jenuh berjumlah 140 pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan analisis
statistik dengan menggunakan uji Analisis Outer Model, Analisis Inner Model,
dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
secara langsung leader member exchange, work engagement dan job satisfaction
berpengaruh signifikan terhadap employee performance. Leader member
exchange berpengaruh signifikan terhadap work engagement dan job satisfaction.
Leader member exchange berpengaruh signifikan terhadap employee performance
melalui work engagement dan job satisfaction pada Kantor Badan Pengelolaan
Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan |
en_US |
dc.subject |
Leader Member Exchange |
en_US |
dc.subject |
Employee Performance |
en_US |
dc.subject |
Work Engagement dan Job Satisfaction |
en_US |
dc.title |
PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE MELALUI WORK ENGAGEMENT DAN JOB SATISFACTION PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH (BPPRD) KOTA MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |