Abstract:
Rumusan dari penelitian ini adalah untuk 1) Bagaimanakah mengembangkan
digital book berbantuan Flip Pdf Professional dengan pendekatan kontekstual? 2)
Bagaimanakah tingkat kelayakan digital book berbantuan Flip Pdf Professional
dengan pendekatan kontekstual? 3) Bagaimanakah respon siswa terhadap
pengembangan digital book berbantuan Flip Pdf Professional dengan pendekatan
kontekstual terhadap guru dan siswa?
Tujuan Penelitian adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan digital book
berbantuan Flip Pdf Professional dengan pendekatan kontekstual. 2) Untuk
mengetahui kelayakan dan manfaat pengembangan digital book berbantuan Flip
Pdf Professional dengan pendekatan kontekstual terhadap guru dan siswa. 3)
Untuk mengetahui respon siswa dan manfaat pengembangan digital book
berbantuan Flip Pdf Professional dengan pendekatan kontekstual.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) yang bertujuan 1) untuk mengembangkan digital book berbantuan
aplikasi flip pdf professional dengan pendekatan kontekstual, 2) mengetahui
kelayakan digital book berbantuan aplikasi flip pdf professional dengan
pendekatan kontekstual, 3) mengetahui respon siswa terhadap digital book
berbantuan aplikasi flip pdf professional dengan pendekatan kontekstual.
Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu : 1)
Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi.
Tingkat kelayakan digital book ini dilihat berdasarkan kevalidan penilaian oleh
ahli materi, ahli media dan ahli pendidik. Hasil validasi ahli materi, ahli media,
dan ahli pendidik diperoleh nilai rata-rata 86% dengan kriteria sangat valid. Dan
untuk melihat respon siswa terhadap digital book dilakukan ujicoba melalui dua
tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba
kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 81 dengan kriteria sangat menarik, dan
pada uji coba kelompok besar diperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 83,7
dengan kriteria sangat menarik. Hal tersebut menunjukkan bahwa digital book
berbantuan aplikasi flip pdf professional dengan pendekatan kontekstual yang
dikembangkan telah telah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran
matematika di sekolah.