Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu media atau media baru dalam
pembelajaran yang interaktif, mendeskripsikan tingkat kevalidan media berdasarkan
ahli media, materi, dan bahasa pengembangan media interaktif, mendeskripsikan
tingkat kelayakan media hasil pengembangan, dan mendeskripsikan tingkat
keefektifan media hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan model four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yaitu
pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil dari penelitian ini
berupa suatu media pembelajaran yang berbentuk flip book. Hasil analisa kevalidan
ahli materi menunjukkan bahwa media memenuhi kategori sangat valid dengan skor
rata-rata sebesar 3,2, kevalidan ahli media menunjukkan bahwa media memenuhi
kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 3, dan kevalidan ahli bahasa
menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan memenuhi kategori valid dengan skor
rata-rata sebesar 3,6. Adapun hasil analisa kelayakan media yang diujikan ke lima
orang siswa memenuhi kategori sangat layak dengan perolehan skor rata-rata sebesar
3,25 dan penyebaran media yang dilakukan ke 29 orang siswa memperoleh kategori
sangat layak dengan skor rata-rata sebesar 3,1. Untuk tingkat keefektifan dengan
menganalisa respon siswa, diperoleh kategori sangat baik dengan perolehan skor rata
rata sebesar 3,2 dalam uji coba 5 orang dan pada penyebaran media ke 29 orang siswa
memperoleh skor rata-rata sebesar 3,1 dengan kategori sangat baik.