Abstract:
Riset ilmiah ini mempunyai Maksud dan Tujuan guna mengkaji secara
mendalam determinasi Budaya Kerja, pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja
Aparatur Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi riset ilmiah
ini adalah Aparatur Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang
berjumlah 43 Aparatur Pemerintah Daerah. Teknik pengumpulan evidensi dalam
riset ilmiah ini adalah kuesioner. Dipakai uji asumsi klasik, regresi berganda, uji
t, uji F, dan koefisien pengaruh sebagai teknik analisis evidensi. Ada determinasi
Budaya Kerja, Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Aparatur Dinas
Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Utara dimana sebesar 0,494. Nilai r hitung
ganda secara bersama-sama antara Budaya Kerja , Pelatihan dan Kompensasi
terhadap Kinerja diperoleh Rx1x2y = 0,703. Nilai yang positif tersebut
mempunyai arti jika apabila Budaya Kerja, Pelatihan dan Kompensasi
ditingkatkan maka Kinerja akan meningkat. Dari uji F diperoleh 0,793 dengan sig
0,005 < 0,05, menunjukkan jika Ho ditolak dan Ha diterima, berarti Budaya Kerja
(X1), Pelatihan (X2) dan Kompensasi (X3) memberikan determinasi atau
pengaruh secara nyata terhadap Kinerja (Y) pada taraf 0,05. Nilai koefisien
pengaruh yang diperoleh (R²) adalah 0,494 atau 49,40%, menunjukkan sekitar
49,40% Variable Y dapat dijelaskan oleh Variable Budaya Kerja (X1), Pelatihan
(X2) dan Kompensasi (X3) atau secara praktis dapat dikatakan jika dampak
Budaya Kerja (X1), Pelatihan (X2) dan Kompensasi (X3) terhadap Kinerja (Y)
adalah 49,40%, Selebihnya dideterminasi oleh Variable lain yang tidak diteliti.