Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan
Pembelian Online di e-commerce pada mahasiswa UMSU. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UMSU dengan jumlah 4.154
mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 97 responden. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan
kuisioner/angket yang di uji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data
penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji
Hipotesis (Uji t dan Uji f) dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam
penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package For the
Social Sciences) versi 16,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial
Online Customer Review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada Mahasiswa UMSU, secara
parsial Online Customer Rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada Mahasiswa UMSU, secara
simultan Online Customer Review dan Online Customer Rating memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di ecommerce pada Mahasiswa UMSU. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 71,8%
memperlihatkan kontribusi Online Customer Review dan Online Customer Rating
terhadap keputusan pembelian Online dan sisanya 28,2%.