Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara
model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa,
(2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemandirian
belajar siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model
pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4)
interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap
kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pelajaran
2018/2019. Sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan
memilih 3 kelas dari 12 kelas. Instrumen yang digunakan: (1) tes kemampuan
awal matematika siswa, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa dengan materi Peluang, (3) angket kemandirian belajar. Data inferensial
yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara
model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem
based learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) terdapat interaksi antara
kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara model
pembelajaran kemandirian belajar siswa dan berdasarkan survei yang telah diteliti
tidak terdapat hubungan linier antara MID dengan kemandirian belajar siswa