Research Repository

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI

Show simple item record

dc.contributor.author BR PURBA, ELFITRI
dc.date.accessioned 2021-11-22T03:05:53Z
dc.date.available 2021-11-22T03:05:53Z
dc.date.issued 2019-09-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16141
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan memilih 3 kelas dari 12 kelas. Instrumen yang digunakan: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi Peluang, (3) angket kemandirian belajar. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran kemandirian belajar siswa dan berdasarkan survei yang telah diteliti tidak terdapat hubungan linier antara MID dengan kemandirian belajar siswa en_US
dc.subject kemampuan awal matematika en_US
dc.subject problem based learning, en_US
dc.subject discovery learning en_US
dc.subject realistic mathematics education en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah matematika en_US
dc.subject kemandirian belajar en_US
dc.title PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account