Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 SUNGGAL

Show simple item record

dc.contributor.author SIMATUPANG, AGNES
dc.date.accessioned 2021-06-19T06:08:28Z
dc.date.available 2021-06-19T06:08:28Z
dc.date.issued 2021-03-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15223
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal; (2) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal; dan (3) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 11 kelas, sedangkan sampel diambil secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 36 siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kreatif Analisis data digunakan dengan uji Manova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 21,957 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000.(2) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Fhitung > Ftabel yaitu 9,206 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,126 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000 en_US
dc.subject PMR en_US
dc.subject Jigsaw en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreatif en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 SUNGGAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account