Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran
matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan
pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal; (2) Pengaruh model
pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal; dan (3) Pengaruh
model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa
SMA Negeri 1 Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 11 kelas, sedangkan sampel
diambil secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah
36 siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 4
yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kreatif Analisis data
digunakan dengan uji Manova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting
kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA
Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 21,957 > 3,13, selain itu
diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000.(2) Terdapat pengaruh model pembelajaran
matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Fhitung > Ftabel yaitu 9,206 >
3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh model
pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap
kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA
Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,126 > 3,13, selain itu
diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000