Research Repository

STUDY KOMPARASI PEMBELAJARAN REACT DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMA NEGERI 1 BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author SIMARMATA, PRAITNO
dc.date.accessioned 2021-06-14T02:11:19Z
dc.date.available 2021-06-14T02:11:19Z
dc.date.issued 2021-03-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15209
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan memahami konsep antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran REACT dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM); (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran REACT dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM); (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran REACT dengan model Pmbelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan memahami konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Binjai tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 10 kelas, sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas secara acak. Kelas eksperimen A diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran REACT dan kelas eksperimen B diberikan perlakuan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan memahami konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data digunakan dengan uji Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan memahami konsep antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran REACT dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan nilai sig. 0,000; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran REACT dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan nilai sig. 0,010; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran REACT dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan memahami konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai sig. 0,027. Selanjutnya dilakukan uji lanjut Tuckey dan diperoleh hasil bahwa: (1)Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemamahan konsep dan pemecahan masalah siswa pada kategori tinggi yang diajar dengan model pembelajaran REACT dan model PBM dengan nilai sig; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemamahan konsep dan pemecahan masalah siswa pada kategori sedang yang diajar dengan model pembelajaran REACT dan model PBM; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemamahan konsep dan pemecahan masalah siswa pada kategori rendah yang diajar dengan model pembelajaran REACT dan model PBM masing – masing dengan nilai sig.0,000. en_US
dc.subject REACT en_US
dc.subject PBM en_US
dc.subject Pemecahan Masalah en_US
dc.subject Memahami Konsep en_US
dc.title STUDY KOMPARASI PEMBELAJARAN REACT DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMA NEGERI 1 BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account