Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di butik umah
batik Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan
pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen umah batik pada tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan
data melalui kuisioner dan wawancara yang telah diuji validatas dan reabilitasnya.
Analisis data yang digunakan adalah metode Structural Equation Model (SEM)
dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa : (1) kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan
konsumen dengan nilai 0.588 dan P-Values 0.000. (2). Harga berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai 0.180 dan P-Values 0.013.
(3). Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian
dengan nilai 0.365 dan P-Values 0.000. (4). Harga berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.230 dan P-Value 0.008. (5).
Keputusan pembelian berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen
dengan nilai 0.640 dan P-Values 0.000. (6). Kualitas produk berpengaruh positif
signinifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan
nilai 0.084 dan P-Values 0.016. (7). Harga berepengaruh positif signifikan
terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan nilai 0.148
dan P-Values 0.008.