dc.description.abstract |
Brand loyalty (loyalitas merek) merupakan kesetiaan konsumen terhadap suatu jasa atau produk dan akan melakukan pembelian berulang-ulang untuk memuaskan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengetahui Pengaruh Brand Experience terhadapbrand loyalty, Mengetahui pengaruh brand experienceterhadap brand satisfaction, Mengetahui pengaruh brand satisfaction terhadap brand loyalty, serta Mengetahui pengaruh brand experienceterhadap brand loyaltydengan brand satisfaction sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan penelitian eksplanatori dan pendekatan asosiatif dengan sample 120 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Stambuk 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang diuji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji-t, uji F,dan koefisien determinasi. Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty yang menghasilkan nilai berpengaruh secara positif dan signifikan, dengan nilai koefisien jalur = 0.533. Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Satisfaction yang menghasilkan nilai berpengaruh secara positif dan signifikan, dengan nilai koefiensi = 0.813. Pengaruh Brand Satisfaction terhadap Brand Loyalty menghasilkan nilai yang positif dan signifikan, dengan nilai koefisien jalur = 0.399. Serta Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty yang dimediasi Brand Satisfaction memperlihatkan bahwa pengaruh tidak langsung Brand Experience terhadap Brand Loyalty yang dimediasi Brand Satisfaction adalah signifikan. Dengan nilai pengaruh tidak langsung X – Z – Y adalah sebesar 0.324. Nilai R square 0.785 Artinya kemampuan variabel X (Brand Experience) |
en_US |