dc.description.abstract |
loyalitas Nasabah adalah suatu prilaku konsumen untuk memilih alternatif
penyedia produk/jasa yang terbaik dan menetapkan komitmen mereka secara
mendalam dan positif ditunjukan dengan pembelian berulang dari salah satu
penyedia produk/jasa berdasarakan pada unit pengambilan keputusan pembelian
dalam jangka panjang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pemasaran relasional
terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah sebagai variabel intervaning.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah yang menggunakan asuransi
Ajb Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Medan . data penelitian diperoleh dari
angket, dengan menggunakan teknik teknik qouta sebanyak 101 responden dan di
uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik,
model persamaan regresi dengan teknik analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan, Pemasaran relasional berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan dengan nilai koefisien Sig 0,002< . Pemasaran relasional
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Nasabah dengan nilai koefisien Sig
0,007< .kepuasan tidak ada pengaruh signifikan terhadap loyalitas Nasabah
dengan nilai Sig 0,071 > . Pemasaran relasional terhadap loyalitas Nasabah
melalui kepuasan Nasabah dengan nilai kooefisien pengaruh tidak langsung <
pengaruh langsug (P1 x P3 < P2) yakni 0,0906 < 0,353. Hasil penelitian ini
menunjukan kepuasan bukan merupakan variabel intervening terhadap loyalitas
nasabah. |
en_US |