Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. Asuransi Umum
Bumiputera Muda (BUMIDA) 1967, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Asuransi Umum
Bumiputera Muda (BUMIDA) 1967, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah
pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda (BUMIDA) 1967, untuk mengetahui
dan menganalisis ada pegaruh tidak langsung antara kualitas pelayanan terhadap
loyalitas melalui kepuasan nasabah pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda
(BUMIDA) 1967. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability sampling
dengan proportionate stratified random. Jumlah sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu sebanyak 68 nasabah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda
(BUMIDA) 1967.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda dan melakukan uji kualitas data
yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item Total dan
uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini.
Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji determinasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel Kualitas
Pelayanan (X), terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Z). Dengan demikian secara
parsial ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah. Terdapat pengaruh positif variabel kualitas pelayanan (X) terhadap
variabel loyalitas nasabah (Y) sehingga dengan demikian secara parsial ada
pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.
Terdapat pengaruh positif variabel kepuasan nasabah (Z) terhadap variabel
loyalitas nasabah (Y) sehingga dengan demikian secara parsial ada pengaruh yang
signifikan antara kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah dan ditambah
adanya kepuasan nasabah. Terdapat pengaruh langsung antara kualitas pelayanan
terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah pada PT. Asuransi Umum
Bumiputera Muda (BUMIDA).