Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di SMP PAB 2 Helvetia Medan tahun pembelajaran
2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir
kreatif dengan keterampilan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas VII SMP
PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berjumlah 320 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII-2 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis (menulis paragraf deskripsi
subjektif) untuk memperoleh hasil tentang hubungan berpikir kreatif dalam
keterampilan menulis paragraf deskripsi subjektif. Uji persyaratan analisis yang
digunakan dalam penelitian yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Siswa
memperoleh nilai 80-100 sangat baik 30 orang(75%), siswa yang memperoleh
nilai 70-79 baik 9 orang (22,5%), dan nilai 60-69 cukup 1 orang ( 2,5%).
Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product
Moment pada taraf signifikasi 0,05 menunjukkan nilai r hitung > r tabel yakni 0,666 >
0,304. Dengan demikian Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada Hubungan antara
Berpikir Kreatif dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Subjektif oleh
siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.