DSpace Repository

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA UPT SATUAN PENDIDIKAN FORMAL SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Show simple item record

dc.contributor.author FITRIA TANJUNG, DIAN
dc.date.accessioned 2020-09-12T05:20:49Z
dc.date.available 2020-09-12T05:20:49Z
dc.date.issued 2019-09-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5226
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap self effcacy siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi Teorema Phytagoras, (3) angket self efficacy. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari ketiga model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model problem based learning, discovery learning, dan open ended memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan self efficacy siswa. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan model discovery learning dan open ended. (3) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran yang berlangsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran yang berlangsung terhadap self efficacy siswa, namun untuk kemampuan awal siswa pada proses pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap self efficacy berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan dari ketiga model pembelajaran yang digunakan, model problem based learning dan discovery learning baik digunakan dan dikondisikan dengan keadaan siswa serta menjadi alternatif bagi guru matematika meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif. en_US
dc.subject kemampuan awal matematika en_US
dc.subject problem based learning en_US
dc.subject discovery learning en_US
dc.subject open ended en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah matematika en_US
dc.subject self efficacy en_US
dc.title PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA UPT SATUAN PENDIDIKAN FORMAL SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account