Abstract:
Rendahnya minat beli dan keputusan pembelian pada mobil listrik Wuling
diakibatkan oleh negativnya brand image mobil tersebut diakarenakan banyaknya
pengalaman buruk yang dialami konsumen, konsumen juga berpersepsi bahwa
mobil listrik Wuling kurang nyaman, tidak andal, dan tidak memberi jaminan mutu
yang layak karena didapati sering mengalami masalah. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah brand image berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, apakah persepsi konsumen berpengaruh terhadap
keputusan pembelian, apakah brand image berpengaruh terhadap minat beli mobil
apakah persepsi konsumen berpengaruh terhadap minat beli, apakah minat beli
berpengaruh terhadap keputusan pembelian apakah brand image berpengaruh
terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dan apakah persepsi konsumen
berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada mobil listrik
wuling di Kota Medan. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian
kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, teknik pengumpulan
data menggunakan angket dan wawancara, teknik analisis data menggunakan SEM
PLS dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa brand
image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi
konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand
image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, persepsi konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, minat beli berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, dan
persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian mobil Listrik wuling di Kota Medan melalui minat beli sebagai variabel
intervening.