Abstract:
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajan Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition Berbasis Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis
Rangkuman Buku Nonfiksi Siswa Kelas VII SMP Pelita Medan yang berada di Jl.
Suasa Selatan Ps. III No. 204, Mabar Hilir, kec. Medan Deli, Kota Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen dengan tipe Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian
ini terdiri dari 2 keas yaitu kelas VII C dan VII D sebanyak 92 siswa dan yang
menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII D sebanyak 46 siswa. Instrumen
penelitian ini merupakan soal pretes dan postest pada pretes nilai rata-rata 44.46%
yang berjumlahkan 46 siswa sedangkan postest nilai rata-rata 76.16% yang
berjumlahkan 46 siswa. Dengan hasil ini Ha dapat diterima dengan hipotesis
terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition Berbasis Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis
Rangkuman Buku Nonfiksi Siswa Kelas VII SMP Pelita Medan.