Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29772| Title: | PENGAUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN BUKU NONFIKSI SISWA KELAS VII SMP PELITA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 |
| Authors: | RAMA, DANTI HARAHAP |
| Keywords: | Pengaruh;Cooperative Integrated;Menulis;Rangkuman |
| Issue Date: | 29-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajan Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Buku Nonfiksi Siswa Kelas VII SMP Pelita Medan yang berada di Jl. Suasa Selatan Ps. III No. 204, Mabar Hilir, kec. Medan Deli, Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan tipe Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 keas yaitu kelas VII C dan VII D sebanyak 92 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII D sebanyak 46 siswa. Instrumen penelitian ini merupakan soal pretes dan postest pada pretes nilai rata-rata 44.46% yang berjumlahkan 46 siswa sedangkan postest nilai rata-rata 76.16% yang berjumlahkan 46 siswa. Dengan hasil ini Ha dapat diterima dengan hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Buku Nonfiksi Siswa Kelas VII SMP Pelita Medan. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29772 |
| Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI DANTIKKKKKK copy (1)_compressed lengkap.pdf | Full Text | 3.45 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.