Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29772
Title: PENGAUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN BUKU NONFIKSI SISWA KELAS VII SMP PELITA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
Authors: RAMA, DANTI HARAHAP
Keywords: Pengaruh;Cooperative Integrated;Menulis;Rangkuman
Issue Date: 29-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajan Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Buku Nonfiksi Siswa Kelas VII SMP Pelita Medan yang berada di Jl. Suasa Selatan Ps. III No. 204, Mabar Hilir, kec. Medan Deli, Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan tipe Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 keas yaitu kelas VII C dan VII D sebanyak 92 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VII D sebanyak 46 siswa. Instrumen penelitian ini merupakan soal pretes dan postest pada pretes nilai rata-rata 44.46% yang berjumlahkan 46 siswa sedangkan postest nilai rata-rata 76.16% yang berjumlahkan 46 siswa. Dengan hasil ini Ha dapat diterima dengan hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Buku Nonfiksi Siswa Kelas VII SMP Pelita Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29772
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DANTIKKKKKK copy (1)_compressed lengkap.pdfFull Text3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.