Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIPRO (CITIZEN PROSEDUR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA ASUHAN DAYA

Show simple item record

dc.contributor.author SHIDDIQ, DIMAS ANGGI
dc.date.accessioned 2025-11-04T02:12:29Z
dc.date.available 2025-11-04T02:12:29Z
dc.date.issued 2025-07-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29728
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cipro (citizen prosedur) terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Asuhan Daya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 SMA Asuhan Daya berjumlah 18 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran cipro (citizen prosedur) terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu -24.652 dengan standar deviasi 8.155 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest sebelum penggunaan model pembelajaran cipro (citizen prosedur) dan postest setelah penggunaan model pembelajaran cipro (citizen prosedur). en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Citizen Prosedur en_US
dc.subject Teks Prosedur en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIPRO (CITIZEN PROSEDUR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA ASUHAN DAYA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account