Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran cipro (citizen prosedur) terhadap kemampuan menulis teks
prosedur oleh siswa kelas XI SMA Asuhan Daya. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 SMA Asuhan Daya berjumlah 18 siswa.
Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran cipro (citizen
prosedur) terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai
rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest
(setelah diberikan treatment) yaitu -24.652 dengan standar deviasi 8.155 dan
didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak
yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest
sebelum penggunaan model pembelajaran cipro (citizen prosedur) dan postest
setelah penggunaan model pembelajaran cipro (citizen prosedur).