Abstract:
Chairani Ammy. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. Tesis. Medan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis, (2) pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap self-efficacy siswa, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis, dan (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (2) tes kemampuan komunikasi, (3) angket self-efficacy. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap self-efficacy siswa. (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model terhadap kemampuan komunikasi matematis, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran terhadap self-efficacy siswa.